Mengenal Idries Shah, Sang Juru Bicara Tashawwuf di Barat


Idries Shah (16 Juni 1924 – 23 November, 1996) juga dikenal sebagai Idris Shah, adalah seorang penulis dan guru sufi yang menulis lebih dari tiga lusin buku mengenai topik psikologi, spiritualitas, dan studi budaya.

Idries Shah lahir di India, keturunan dari keluarga bangsawan Afghanistan. Shah tumbuh besar di Inggris. Tulisan-tulisan awal Idries Shah berpusat pada hal-hal yang mistis. Pada 1960 ia mendirikan perusahaan penerbitan sendiri, Octagon Press, yang menghasilkan berbagai terjemahan Sufi klasik dan hasil karya Idries Shah sendiri. Pada tahun 1964, Idries Shah mengarang buku berjudul “The Sufies“[1] yang diakui secara internasional.

Pada tahun 1965, Idries Shah mendirikan “Institute for Cultural Research”, sebuah lembaga pendidikan yang didirikan di London dalam bidang pembelajaran perilaku manusia dan kebudayaan. Lembaga yang serupa, didirikan Idries Shah di Amerika Serikat dengan nama Study of Human Knowledge (ISHK). Lembaga ini didukung oleh Profesor Psikologi Universitas Stanford, Robert Ornstein. Sang professor kemudian ditunjuk sebagai wakil Idries Shah di Amerika.

Dalam tulisan-tulisannya, Idries Shah mengungkapkan bahwa Sufisme adalah sebuah bentuk kebijaksanaan universal yang bahkan mendahului munculnya Agama Islam. Idries Shah juga menekankan, bahwa ajaran sufi tidaklah statis, akan tetapi sedemikian luwes dan selalu dapat diadaptasikan dengan situasi, tempat, dan keberagaman manusia. Dalam mengajarkan pemikiran sufi, Idries Shah sendiri membingkainya dengan istilah-istilah psikologi barat.

Idries Shah secara ekstensif menggunakan pengajaran dalam bentuk cerita dan perumpamaan. Tulisan-tulisannya mengandung banyak makna berlapis-lapis yang dirancang secara khusus untuk memicu pemahaman dan refleksi diri para pembacanya. Idries Shah barangkali adalah orang yang memiliki koleksi cerita Mullah Nasruddin Hoja yang terbanyak diantara yang lain.

Idries Shah diakui banyak kalangan sebagai juru bicara sufism di Barat. Beliau mengajar sebagai dosen tamu di sejumlah universitas barat. Karya-karyanya memainkan peranan penting dalam memperkenalkan tasawwuf sebagai bagian dari kearifan spiritual.

Bunga Rampai Sufism

Idries Shah telah menjelajahi tiga benua bertahun-tahun lamanya untuk mengumpulkan dan membandingkan versi lisan kisah-kisah yang mengagumkan ini. Dengan pelbagai cara, banyak diantara kisah ini telah menyusup ke dalam tradisi sastra Barat dan Timur. Bunga rampai ini dukumpulkan dalam 3 buah buku, yakni: Mahkota Sufi (The Sufis), Jalan Sufi (The Way of the Sufi), dan Kumpulan Cerita Sufi. Penuturan ketiga buku ini disampaikan menurut cara Sufi, berisi kisah-kisah yang dipilih dari reporter guru-guru Sufi selama lebih dari seribu tahun terakhir ini. Berbagai kisah yang ada dalam ketiga buku tersebut dapat dinikmati secara online di Kumpulan Kisah Sufi Idries Shah.

Karya-karya Idries Shah secara lebih komprehensif dapat dilihat di website sufis.org (en).

Catatan:

Tulisan ini diadaptasi dari Wikipedia.

[1] Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Mahkota Sufi: Menembus Dunia Ekstra Dimensi“. Diterbitkan pertama kali pada tahun 2000 oleh Penerbit Risalah Gusti.
Download Gratis E-Book Karya Idries Shah di Pustaka Loka:

Kisah-kisah Sufi.
Telah berabad-abad lamanya para guru Sufi mengajar murid-muridnya denganmenggunakan kisah-kisah ini, yang dianggap memiliki kekuatan untukmeningkatkan persepsi yang tidak diketahui oleh manusia biasa.
Idries Shah telah menjelajahi tiga benua bertahun-tahun lamanya untukmengumpulkan dan membandingkan versi lisan kisah-kisah yang mengagumkan ini.
Jalan Sufi
Sebuah reportase dunia ma’rifat oleh Idries Shah. Menyajikan sebuah telaah secara luas mengenai dunia sufi di pelbagai penjuru dunia.
Mahkota Sufi
Sebuah ulasan mengenai sufi oleh Idries Shah. Bersama dengan “Jalan Sufi,” dua buah karya Idries Shah perlu dibaca oleh para pencinta olah batin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s