PENTINGNYA BELAJAR ILMU TAUHID


Ilmu Tauhid adalah: “Suatu ilmu yang karenanya ada kemampuan untuk mengokohkan agama dg dalil-dalilnya yg pasti (Al-Bajuri, Tuhfatul Murid, hal. 38)

Ilmu Tauhid bisa disebut ilmu Ushuluddin atau Ilmu Kalam, karena di dalam menjelaskan dan membuktikan keesaan Tuhan itu memerlukan pembicaraan yang benar.

Pentingnya Belajar Ilmu Tauhid

Ilmu Tauhid atau Ilmu Kalam adalah Ilmu yang sangat penting bagi setiap muslim. sebab ilmu ini berkaitan dg aqidah yg berkaitan dg Islam. sedangkan aqidah merupakan pondasi bagi keberagamaan seseorang dan benteng yg kokoh untuk memelihara aqidah muslim dari setiap ancaman keraguan dan kesesatan.

Kita seringkali mendengar terjadinya berbagai penyimpangan dalam berpikir, berkata dan bertindak. Hal itu terjadi karena jauhnya pemahaman yg benar tentang dasar-dasar aqidah Islam dan masalah keimanan.

Prinsip2 aqidah dlm Islam dan masalah2 keimanan adl ajaran yg dibawa oleh para rosul sejak dahulu. Hal tersebut harus diyakini oleh setiap orang yg beriman, sebagaimana diterangkan dlm firman Allah QS. Al-Anbiya’ ayat 25 yg terjemahnya:
“Dan Kami tidak mengutus seorang rosulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yg sebenarnya) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku.”

Telah kita pahami, bahwa semua amal soleh yg dilakukan oleh seseorang dg penuh ketulusan hanya akan diterima oleh Allah SWT. apabila didasari aqidah Islam yang benar yang menjadi bahasan Ilmu Tauhid ini. Karena penyimpangan aqidah yg benar berarti penyimpangan keimanan yg murni kepada Allah. Dan penyimpangan keimanan adalah bentuk kekufuran kepada Allah SWT. Sedangkan Allah SWT. tidak akan menerima amal baik yg dilakukan oleh orang yg tdk beriman, berapa pun banyaknya amal yg dia kerjakan. Dalam hal ini Allah SWT. berfirman dalam QS. Al-Baqoroh ayat 217 yg terjemahnya:
“Barangsiapa yg murtad diantara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam keadaan tidak beriman, maka mereka itulah yg sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s